Ucapkan:

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Jumat, 03 Juni 2011

PREMA

Oleh Sri Srimad Gour Govinda Swami Maharaja

Bekerja dalam dua cara

Prema bekerja dalam 2 cara, sambhoga dan vipralambha, persatuan dan perpisahan – dua hal yang bertentangan. Dalam kondisi perpisahan, prema ini sangat beracun – lebih beracun dari pada ular yang mematikan. Rasa panas yang akut ada di sana di dalam keadaan ini. Tetapi di dalam sambhoga, persatuan, begitu menyenangkan, paramananda-prada, hal itu memberikan kebahagiaan tertinggi. Pada saat perpisahan Krishna-premamrta terasa menjadi lebih beracun dari racun yang mematikan. Dan pada saat persatuan itu adalah kenikmatan tertinggi. Jadi dua hal yang bertentangan ini, racun dan nektar, disatukan bersama itu adalah Radha-prema, Krishna-prema. Ini adalah karakteristik yang sangat menakjubkan dari Krishna-prema ini.

Di dalam prema ini kau akan menemukan bahwa tidak ada yang memabukkan, tetapi ini adalah minuman keras yang luar biasa sebab ini menyebabkan seseorang menjadi gila. Jika ada memakai marijuana (ganja) atau LSD anda akan menjadi gila sebab benda-benda itu memabukkan. Tetapi di dalam Krishna-prema tidak ada yang memabukkan, tetapi itu adalah sebuah minuman keras yang luar biasa. Jika seseorang mendapatkannya maka ia akan menjadi gila. Para gopi menjadi gila, Radharani menjadi gila dan kemudian Krishna menjadi gila.

Juga, prema ini bukanlah api tetapi hal itu tetap membakar. Krishna-prema bukanlah sebuah senjata, tetapi itu dapat menusuk hati. Itu bukanlah air, tetapi dapat membersihkan segalanya – kesombongan anda, dharma anda, rasa malu anda. Hal itu juga dapat membuat seseorang tenggelam di dalam lautan kebahagiaan rohani, kenikmatan. Setiap saat membuatmu merasakan nektar itu. Hal itu membuat anda gila dan menari.
Tidak ada gelar atau julukan apapun dalam Radha-prema. Itu gratis dan secara sempurna, amat sangat murni. Tidak ada kemunafikan di dalamnya sama sekali, tetapi hal itu sungguh menakjubkan bahwa pergerakan dari prema ini sangat penuh kepalsuan, vakra-vyavahara, dengan cara zig-zag, berliku-liku, tidak lurus. (The Last Limit of Bhakti, p. 79-80. Lecture, Bhubaneswar, 10 September 1993.)

Cara mendapatkan prema

Jika kau ingin prema-bhakti, satu-satunya cara adalah kau harus mempersembahkan pemujaan dan melayani seorang Vaisnava murni, tanpa berpura-pura, dan mendapatkan karunianya. Maka kau akan mendapatkan karunia dari Mahaprabhu dan kau akan mendapatkan prema ini, kalau tidak demikian kau tidak bisa memiliki prema ini. Ini adalah satu-satunya cara.

Memuja seorang Vaisnava murni dan mengagungkan  vaisnava, nama, sifat, kegiatan, dan kirtana. Layani para Vaisnava. Ambil debu dari kaki padma, merasakan sisa makanan para Vaisnava, dan caranamrita, air pencucian dari kaki para Vaisnava, adalah sangat kuat. Tidak ada seorangpun yang dapat memperkirakan, tidak ada seorangpun yang dapat menilai potensi tiga hal ini. (Pelajaran, Bhubaneswara, 10 Maret 1995)

1 komentar:

  1. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Email: gloryloanfirm@gmail.com ... silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus