Ucapkan:

Hare Krishna Hare Krishna Krishna Krishna Hare Hare Hare Rama Hare Rama Rama Rama Hare Hare

Selasa, 26 Juli 2011

DOA-DOA PARA DEWA KEPADA KRISHNA

"Wahai Tuhan, jika Engkau tidak muncul dalam wujud rohani-Mu yang penuh kebahagiaan dan pengetahuan - wujud yang dapat menyingkirkan segala macam spekulasi yang bodoh mengenai kedudukan-Mu - maka semua orang hanya akan berspekulasi tentang Engkau menurut sifat alam material yang mempengaruhi diri mereka masing-masing."

Kemunculan Krishna adalah jawaban bagi semua ilmu spekulasi tentang penggambaran, simbolis dan visualisasi mengenai Personalitas Tuhan Yang Maha Esa. Semua orang membayangkan wujud Personalitas Tuhan Yang Maha Esa menurut sifat alam material yang mempengaruhi diri mereka. Di dalam Brahma-samhita disebutkan bahwa Sri Krishna adalah kepribadian yang tertua. Itu sebabnya sekelompok agamawan membayangkan bahwa Tuhan pastilah sangat tua, sehingga mereka menggambarkan sebuah wujud Tuhan yang seperti seorang pria tua. Tetapi di dalam Brahma-samhita yang sama, hal tersebut dipertentangkan: Walaupun Tuhan adalah yang tertua di antara semua makhluk hidup, Dia memiliki wujud kekal yang muda dan segar seperti seorang pemuda belia. Kata-kata persisnya yang digunakan di dalam Srimad-Bhagavatam berkaitan dengan hal ini adalah vijnanam ajnana-bhidapamarjanam. Vijnanam berarti pengetahuan rohani tentang Tuhan Yang Maha Esa. Vijnanam juga berarti pengetahuan yang dialami/diinsafi. Pengetahuan rohani harus diterima melalui cara menurun melalui garis perguruan, sebagaimana Brahma menyampaikan pengetahuan  tentang Krishna di dalam Brahma-samhita. Brahma-samhita adalah vijnanam  sebagaimana yang diinsafi oleh pengalaman rohani Dewa Brahma, dan dengan cara tersebut beliau mengemukakan wujud dan kegiatan-kegiatan Krishna di tempat tinggal Sri Krishna yang melampaui alam material. Pengetahuan ini adalah ajnana-bhidapamarjanam, yaitu yang dapat menghancurkan segala jenis spekulasi dalam sifat kebodohan.

Orang-orang sedang membayangkan wujud Tuhan: Kadangkala Tuhan dianggap tidak berbentuk, kadangkala dianggap berbentuk, namun menurut imajinasi mereka yang berbeda-beda. Namun pemaparan tentang Sri Krishna di dalam Brahma-samhita adalah Vijnanam - pengetahuan ilmiah teruji yang diberikan oleh Dewa Brahma dan diakui oleh Sri Caitanya. Tidak ada keraguan akan hal ini. Wujud Krishna, seruling Krishna, warna badan Krishna - segalanya merupakan kebenaran yang nyata. Di sini dikatakan bahwa vijnanam ini selalu mengalahkan segala jenis pengetahuan spekluasi.

Pada saat Sri Krishna datang ke bumi, Krishna benar-benar hadir di Medan Perang Kuruksetra, dan semua orang melihat Dia. Namun tidak semua orang dapat mengerti bahwa Krishna adalah Personalitas Tuhan Yang Maha Esa. Tetapi tetap saja, semua orang yang meninggal dunia di tengah kehadiran Krishna mencapai pembebasan penuh dari belenggu material dan dipindahkan ke dunia rohani.

Oleh karena Tuhan mutlak, tidak ada perbedaan antara nama dan wujud sejati-Nya. Di dunia material ini ada perbedaan antara wujud dan nama. Buah mangga berbeda dengan nama buah mangga itu sendiri. Orang tidak dapat mengecap rasa buah mangga hanya dengan mengucapkan kata "mangga, mangga, mangga" Namun penyembah Tuhan yang mengetahui bahwa tidak ada perbedaan antara nama dan wujud Tuhan akan mengucapkan HARE KRISHNA HARE KRISHNA KRISHNA KRISHNA HARE HARE HARE RAMA HARE RAMA RAMA RAMA HARE HARE, dan menginsafi bahwa dia selalu ditemani oleh Tuhan Sri Krishna. Krishna muncul untuk memberikan kesempatan baik kepada penyembahNya maupun kepada orang yang bukan penyembahNya untuk menginsafi tujuan tertinggi kehidupan.

Sumber : Krsna, Personalitas Tuhan Yang Maha Esa,  Doa-doa para dewa, hal.40, karya A.C. Bhaktivedanta Swami Prabhupada

3 komentar:

  1. Tu gan dibilang Ngarang.
    Yang saya ingin tanyakan kok Blogspot? knapa g' memakai Domain [.com]
    Hem, apapun itu.
    yg terpenting tetap jaga keasliaanya...
    sampek ada yg blang ngarang.. yg bner yg mana ni.
    Kl mg bner bagus..
    kl g' bner, mending penuhin postingnya ma Mantra Hare krishna ja.
    Tetap jaga Keaslian Veda, Ajaran Veda.

    BalasHapus
  2. Hare Krishna
    Saya percaya dia adalah sosok Tuhan Yang Maha Esa ^^
    Maha Pengasih Maha Penyayang Pencipta Alam Semesta

    BalasHapus